RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SD N 1 Cluwuk
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : V/2
Alokasi Waktu : menit ( 1 x pertemuan)
I.
Standar Kompetensi
Berbicara
2.
Mengungkapkan pikiran dan perasaan secara lisan dalam diskusi dan bermain drama.
II.
Kompetensi Dasar
6.2 Memerankan
tokoh drama dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat.
III. Indikator
6.2.1 Membaca dialog drama
6.2.2 Mau membaca dialog drama di depan kelas
IV. Tujuan Pembelajaran
6.2.1 Melalui diskusi dan bermain peran, siswa dapat membaca dialog drama
dengan lancar dan jelas.
6.2.2 Melalui kegiatan bermain peran, siswa mau membaca dialog drama di
depan kelas dengan sungguh-sungguh.
v Karakter siswa yang diharapkan :
1. Iman dan Taqwa
2. Kerjasama
3. Responsif
4. Saling membantu
5. Percaya diri
V. Materi Pokok( Terlampir )
Membaca Dialog Drama
VI. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Demonstrasi
3. Tanya jawab
4. Diskusi
5. Bermain Peran
VII.
Kegiatan
Pembelajaran ( Menit )
A. Kegiatan awal ( menit )
§ Guru
mengucapkan salam
§ Guru
mengajak siswa untuk berdoa
§ Guru
mempresensi kehadiran siswa
§ Guru
mengajak siswa untuk bernyanyi
Aku suka menulis
Menulis dialog
Menentukan topiknya
Menentukan tokoh nya
Menentukan
karakternya
Aku suka menulis......
§ Guru
melakukan apersepsi. “Berdasarkan lirik lagu tadi, apa yang dilakukan dalam
menulis dialog? Anak-anak kita pernah belajar tentang menulis dialog, Sekarang
kita akan belajar membaca dialog drama. Siapa disini yang suka menyaksikan
pergelaran drama?? Apakah intonasi, lafal , dan ekspresinya sudah tepat?
§ Guru
memberi motivasi , “ anak-anak kalian harus memperhatikan agar bisa menguasai materi
ini, karena materi ini sangat berguna untuk kehidupan kalian. Setiap hari kita
berkomunikasi dengan orang lain. Dan mungkin saja nanti diantara kalian ada
yang mau jadi aktor”.
§ Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
B. Kegiatan inti ( menit )
v Eksplorasi
( menit)
1. Guru
bertanya kepada siswa. “ Pernahkah
melihat drama? Bagaimanakah lafal, , intonasi, penempatan jeda,
ekspresi, dan suaranya?
2. Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang beberapa hal yang harus diperhatikan pada
saat membaca dialog dalam naskah drama.
3. Guru
bertanya kepada siswa , “coba kalau tulisannya seperti ini ( contoh jenis-jenis
kalimat yang ditampilkan di PPT) cara membacanya bagaimana?”
4. Guru
membacakan contoh dialog drama.
v Elaborasi
( Menit )
1. Siswa
mendengarkan petunjuk dari guru untuk berdiskusi dan bermain peran.
2. Siswa
dibagi menjadi beberapa kelompok dan setiap kelompok terdiri dari 3 orang.
3. Siswa
berkumpul dengan kelompoknya.
4. Siswa
dan kelompoknya mulai pembagian peran
masing-masing .
5. Setiap
kelompok maju ke depan untuk membaca dialog drama.
v Konfirmasi
( menit )
·
Guru memberi kesempatan kepada siswa
untuk bertanya tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·
Guru meluruskan jika terjadi
penyimpangan.
·
Guru memberikan penguatan
5. Kegiatan Penutup ( menit )
o
Siswa dan Guru menyimpulkan materi yang
dipelajari
o
Guru meminta siswa untuk mempelajari
materi untuk pertemuan selanjutnya yaitu tentang membaca sekilas
o
Guru memberi pesan dan motivasi
o
Siswa dan Guru berdoa
o
Guru mengucapkan salam
VIII. Sumber dan Alat
§ Sumber :
Suyatno,dkk. 2008. Indahnya
Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SD/MI kelas V. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen
Pendidikan Nasional.
Sri Murni dan
Ambar Widianingtyas. 2008. Bahasa dan Indonesia untuk SD/MI kelas V. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen
Pendidikan Nasional
§ Alat :
Dialog Drama, Power point
IX. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
6.2.1
Membaca dialog drama
6.2.2 Mau
membaca dialog drama di depan kelas
|
Tes Praktik
|
Praktik
|
Ayo membaca dialog drama berikut ini!
|
Rubrik Penilaian
v penilaian afektif
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Bekerja sama
|
1.
Ada pembagian peran dan saling
membantu
2.
Ada pembagian peran, tetapi tidak
saling membantu
3.
Tidak ada pembagian peran, dan
tidak saling membantu
|
3
2
1
|
2.
|
Kesungguh-sungguhan
|
1.
Membaca dialog drama di depan
kelas dengan sungguh-sungguh.
2.
Membaca dialog drama di depan
kelas dengan tidak sungguh-sungguh
3.
Tidak mau membaca dialog drama di
depan kelas
|
3
2
1
|
v penilaian psikomotorik
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Kejelasan Pelafalan
|
1.
Semua pengucapan kata-kata jelas.
2.
Sebagian besar pengucapan
kata-kata jelas.
3.
Semua pengucapan kata-kata tidak
jelas.
|
3
2
1
|
2.
|
Ketepatan Intonasi
|
1.
Semua intonasi tepat
2.
Ada beberapa intonasi tidak tepat
3.
Semua intonasi tidak tepat
|
3
2
1
|
3.
|
Ketepatan penempatan jeda
|
1.
Semua penempatan jeda tepat
2.
Sebagian besar penempatan jeda
tepat
3.
Semua penempatan jeda tidak tepat
|
3
2
1
|
4.
|
Volume suara
|
1.
Suara jelas dan terdengar seluruh
penghuni ruang kelas tersebut.
2.
Suara jelas, tapi tidak
terdengar seluruh penghuni ruang kelas tersebut.
3.
Suara tidak jelas, dan tidak
terdengar seluruh penghuni ruang kelas tersebut.
|
3
2
1
|
5.
|
Ekspresi
|
1.
Ekspresi disertai gerak yang
wajar dan sesuai dengan makna kalimat
yang disampaikan.
2.
Ada 1-3 ekspresi disertai gerak
yang wajar dan sesuai dengan makna
kalimat yang disampaikan.
3.
Tidak dengan ekspresi
|
3
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama
|
Aspek
|
Nilai
|
||||||
Bekerja sama
|
Kesungguh-sungguhan
|
Kejelasan Pelafalan
|
Ketepatan Intonasi
|
Ketepatan penempatan jeda
|
Volume suara
|
Ekspresi
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Nilai
Akhir = ( Jumlah skor yang diperoleh :
Jumlah skor tertinggi ) x 10
Semarang, 9 Mei 2013
Mengetahui,
Dosen
Pamong Praktikan
Iin
Purnamasari ,S.Pd.,M.Pd. Ismawati
Tidak ada komentar:
Posting Komentar