Seorang guru diharuskan utk mampu membuat RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran..
RPP dibuat sebelum pelaksanaan pembelajaran guna untuk menyiapkan pembelajarn yang efektif efisien
monggo ini ada contoh RPP Kelas III smt 2 .. =D
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama
sekolah : SD N Cluwuk
Kelas
/ Semester : III / II
Mata
pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Alokasi
Waktu : 2 x 35
menit ( 1 x pertemuan )
I.
STANDAR KOMPETENSI
3.
Memiliki harga diri sebagai individu
II.
KOMPETENSI DASAR
2.3 Menampilkan
perilaku yang mencerminkan harga diri
III.
INDIKATOR
3.3.1 Menyebutkan 5 contoh perilaku yang
mencerminkan harga diri pribadi
3.3.2 Menyebutkan 5 contoh perilaku yang
mencerminkan harga diri orang lain.
3.3.3
Menerapkan perilaku yang mencerminkan
harga diri dalam kehidupan sehari-hari.
IV.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah
melalui ceramah dan melihat gambar, peseserta didik mampu menyebutkan contoh
perilaku yang mencerminkan harga diri pribadi dengan baik
2. Setelah
melalui ceramah dan melihat gambar, peserta didik mampu menyebutkan contoh
perilaku yang mencerminkan harga diri orang lain dengan baik.
3. Setelah
melalui diskusi, peserta didik mampu menerapkan
perilaku yang mencerminkan harga diri
dalam kehidupan sehari-hari dengan baik.
V.
MATERI PEMBELAJARAN
Perilaku yang mencerminkan harga
diri pribadi dan orang lain.
Contoh
perilaku yang mencerminkan harga diri pribadi antara lain :
·
Tidak bersedih / minder terhadap
kekurangan diri sendiri
·
Percaya diri
·
Menerima diri sendiri apa adanya.
·
Melakukan hal-hal yang baik
·
Selalu bersyukur terhadap apa yang
dimiiki.
Contoh
perilaku yang mencerminkan harga diri orang lain antara lain :
·
Berkata sopan kepada orang lain.
·
Bersikap ramah pada orang lain.
·
Tidak mengolok – olok kesalahan orang
lain.
·
Menghargai usaha orang lain.
·
Mengucapkan terimakasih kepada orang
lain.
·
Mendengarkan orang yang sedang berbicara
kepada kita.
·
Memberikan maaf
·
Memberikan semangat pada teman yang
bersedih.
·
Memberikan bantuan kepada orang yang membutuhkan
.
VI.
METODE PEMBELAJARAN
Ø Ceramah
Ø Tanya
jawab
Ø Diskusi
Ø Penugasan
VII. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
A. Kegiatan
Awal ( 15 menit )
1. Guru
mengucapkan salam. Saling menghargai, sopan
2. Guru
menanyakan kabar siswa. Saling menghargai,
3. Guru
mengajak siswa untuk berdo’a. Sopan,
4. Guru
mempresensi siswa. Disiplin, saling menghargai
5. Guru
menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
melalui bernyanyi konsentrasi. Saling menghargai,
6. Guru
mengajukan pertanyaan dengan mengaitkan materi yang akan di pelajari. Contohnya
: Siapa yang berkata sopan kepada orang lain? Jujur,
7. Guru
memberikan gambaran / penjelasan tentang kompetensi dasar dan indikator. Rasa
ingin tahu,
B. Kegiatan
Inti ( 45 menit )
v Eksplorasi
1. Guru
mengingatkan siswa dengan sedikit mengulas materi sebelumnya.
2. Guru
menjelaskan materi yang dipelajari yaitu dengan metode ceramah yang menggunakan
media ( Power point ).Saling menghargai, tanggung jawab ,
3. Guru
membentuk siswa menjadi beberapa kelompok ( misal dalam satu kelas ada 25 siswa
, maka dibagi 5 kelompok dan masing-masing kelompok 5 anggota ). Adil
4. Siswa
diminta berkumpul dengan kelompoknya.
5. Guru
memberikan gambar yang akan didiskusikan dan memberikan petunjuk cara diskusi.
v Elaborasi
1. Siswa
mendiskusikan gambar yang telah diberika guru bersama kelompoknya. Kerjasama,
Tanggungjawab
2. Guru
membimbing dan memantau siswa dalam berdiskusi.
3. Perwakilan
dari masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi . Keberanian,
tanggung jawab.
v Konfirmasi
1. Guru
dan siswa melakukan tenya jawab tentang materi yang telah didiskusikan dan yang belum dipahami. Keberanian
2. Guru
memberikan penguatan tentang materi yang didiskusikan.
C. Kegiatan
Akhir ( 10 menit )
1. Guru
dan siswa membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
2. Guru
memberikan tugas rumah.
3. Guru
memberikan pesan-pesan sebelum siswa pulang. Disiplin
4. Guru
mengakhiri pembelajaran dengan mengajak siswa berdoa terlebih dahulu. Sopan,
Taqwa
5. Guru
memberikan salam. Saling menghargai
VIII.
PENILAIAN
A. Tes
-
Tugas Rumah ( Individu ) : a. Pilihan ganda
b. Uraian
c. Mengisi kolom
B.
Unjuk Kerja : Diskusi kelompok
Tugas
Rumah
A. Berilah
tanda silang pada huruf a, b, atau c untuk jawaban yang paling benar !
1. Seorang
pengemis datang kepadamu padahal kamu sedang tidak mempunyai uang. Yang
sebaiknya kamu katakan padanya adalah ..................
a. “
Saya nggak mau ngasih uang!”
b. “Maaf
ya, Pak.Saya tidak punya uang”.
c. “Pergi,
sana!”
2. Temanmu
baru saja mengalami musibah banjir. Kata –kata yang dapat meningkatkan harga
dirinya adalah.......................
a. “Kamu
sih suka membuang sampah sembarangan !”
b. “
Jangan bersedih, ya. Aku akan membantumu”.
c. “
Kasian deh kamu...”
3. Ibu
memberikan kamu hadiah. Apa yang kamu ucapkan?
a. “Maaf.....”
b. “Tidak
mau....”
c. “terima
kasih”
4. Saat ada teman yang maju mengerjakan soal di
papan tulis, kita harus......
a. Menghormati
b. Mengolok-olok
c. Mengejek
5. Kepada
siapapun kita harus berkata....
a. Sombong
b. Sopan
c. Kasar
B. Jawablah
pertanyaan di bawah ini dengan tepat !
1. Apa
yang kita lakukan apabila kita melakukan kesalahan pada orang lain
2. Apa
yang seharusnya kita lakukan terhadap kekurangan kita?
3. Apa
yang kita lakukan apabila ada orang yang memberi hadiah?
4. Apa
yang kita lakukan saat ada orang berbicara kepada kita?
5. Apa
yang kita lakukan jika ada orang yang berbuat salah pada kita?
C. Berilah
tanda centang ( √ ) pada kolom “
selalu”, “Jarang”, dan “tidak pernah” sesuai perbuatanmu sehari-hari!
No.
|
Sikap
dan Perbuatan
|
Selalu
|
Jarang
|
Tidak
pernah
|
1.
|
Bersikap
ramah pada orang lain
|
|
|
|
2.
|
Berkata
sopan pada orang lain
|
|
|
|
3.
|
Tidak
mengolok-olok kesalahan orang lain.
|
|
|
|
4.
|
Menghargai
Usaha orang lain.
|
|
|
|
5.
|
Minta
maaf bila melakukan kesalahan.
|
|
|
|
6.
|
Mengucapkan
terima kasih pada orang lain.
|
|
|
|
7.
|
Tidak
merasa sedih pada kekurangan diri sendiri.
|
|
|
|
8.
|
Mendengarkan
orang yang berbicara kepada kita.
|
|
|
|
9.
|
Memaafkan
kesalahan orang lain.
|
|
|
|
10.
|
Memberi
sedekah kepada pengemis.
|
|
|
|
DISKUSI
Perhatikan gambar dbawah ini !
Apa yang kamu lakukan jika melihat
orang yang seperti gambar di bawah ini?


Tukang
smapah Pengemis
Kelompok 1 Kelompok 2


Polisi lalu
lintas Tukang
Becak
Kelompok 3 Kelompok
4

Orang cacat (
Tunanetra)
Kelompok 5
Kunci Jawaban
A. 1.
B
2.
B
3.
C
4.
A
5.
B
B. 1. Meminta maaf kepada orang lain.
2. Menerima apa adanya / jangan bersedih
3. Mengucapkan terima kasih.
4. Mendengarkan orang yang berbicara.
5. Memaafkan kesalahan orang lain.
Kriteria penilaian
A.
Tes
-
Tugas Rumah
A = Jumlah
jawaban benar x 1
B = Jumlah
jawaban benar x 3
Nilai = ( Hasil
A + Hasil B ) x 5
C = Setiap Jawaban “selalu”, skor = 10
Setiap Jawaban “Jarang”, skor = 8
Setiap Jawaban “Tidak pernah”, skor = 6
Nilai = semua dijumlahkan
Ketentuan :
A = 85 – 100 ( sangat baik )
B = 70 – 84 ( Baik )
C = 55 – 69 ( Cukup )
D = < 54 ( Kurang )
B.
Unjuk Kerja
1. Produk
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
-
Semua benar
-
Sebagian besar benar
-
Sebagian kecil benar
-
Semua salah
|
50
40
30
20
|
2. Performan
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Kerjasama
|
-
Bekerjasama
-
Kadang-kadag bekerjasama
-
Tidak bekerjasama
|
50
30
10
|
3. Lembar
penilaian
No.
|
Nama
siswa
|
Konsep
|
Kerjasama
|
Nilai
|
1.
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
Nilai = Konsep +
Kerjasama
IX.
SUMBER / ALAT
Sumber :
Buku Paket Pendidikan
Kewarganegaraan kelas III SD, Penyusun : momon Sulaeman, dkk. Penerbit
Erlangga. Hal 49 – 64.
Alat :
·
Gambar-gambar : Pengemis, Polisi lalu
lintas, Tukang sampah, orang cacat ( Tunanetra ), dan tukang becak.
·
Papan tulis,
·
Media Power point.
Batang,
20 Oktober 2011
Mengetahui,
Dosen Pengampu Praktikkan
Dra.Sri
Suneki, M.Si Ismawati
NPP NPM
10120207
Tidak ada komentar:
Posting Komentar