RPP TEMATIK
Nama Sekolah : SDN Cluwuk
Mata pelajaran : IPA dan Matematika
Kelas/semester : 2 / 1
Tema :
Lingkungan
Alokasi waktu : 2 x 35 menit ( 1 x pertemuan )
I.
Standar Kompetensi
1. IPA
3.Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan
tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk
hidup.
2. Matematika
1.Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan
sampai 500
II.
Kompetensi Dasar
1. IPA
3.1 Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan
di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan
2. Matematika
1.4 Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan
sampai 500
III.
Indikator
1. IPA
1.
Menyebutkan bagian-bagian utama tubuh
hewan
2.
Menunjukkan bagian – bagian utama tubuh
hewan
3.
Menjelaskan fungsi bagian-bagian utama
tubuh hewan
2. Matematika
1.
Melakukan penjumlahan tanpa menyimpan
2.
Melakukan pengurangan tanpa meminjam
IV.
Tujuan pembelajaran
- IPA
·
Melalui media Papi , siswa mampu menyebutkan bagian-bagian utama tubuh
hewan dengan benar.
·
Melalui media Papi ,
siswa mampu menunjukkan bagian-bagian utama tubuh hewan dengan benar
·
Melalui media Papi , siswa mampu
menjelaskan fun gsi bagian-bagian utama tubuh hewan dengan tepat
- Matematika
·
Melalui media Papi , siswa mampu
melakukan penjumlahan tanpa menyimpan dengan benar.
·
Melalui media Papi , siswa mampu
melakukan pengurangan tanpa menyimpan
dengan benar.
Karaktr siswa yang diharapkan :
·
Iman dan taqwa
·
Kejujuran
·
Integritas dan komitmen
·
Gigih
·
Responsif
·
Inovatif dan kreatif
·
Kerja sama
·
Unggul
V.
Materi Ajar
Bagian
utama tubuh Hewan
Yadi
punya seekor kucing
ada
warna belang putih dan kuning
ayo
kita perhatikan bagian bagian tubuh kucing yadi

wah
ternyata bagian tubuh hewan banyak juga ya....
PENJUMLAHAN TANPA MENYIMPAN
Rudi
mempunyai 264 ayam
Telur
ayam Rudi menetas 24 Ayam
Berapa
banyak ayam Rudi sekarang?
Jawab
:
2
6 4
2 4
+
2
8 8
Caranya
sebagai berikut:
1.
Kita jumlahkan angka satuan, 4 + 4 = 8
2.
Jumlahkan angka puluhan , 6 + 2 = 8
4.
Jumlahkan angka ratusan
Jadi jumlah ayam Rudi
sekarang 288.
Contoh
Soal
Selesaikanlah
penjumlahan ini!
1.
Ani mempunyai 125 itik dan
24 angsa. Berapakah jumlah hewan peliharaan Ani?
2.
Joko mempunyai 136
jangkrik dan 42 burung.Berapakah jumlah hewan peliharaan joko?
Jawaban :
- 125 2. 136
24 + 42+
149 178
PENGURANGAN TANPA MEMINJAM
Ayam Rudi berjumlah 288 ayam
Ayam Rudi kemudian dijual 62 ayam
Berapakah banyak Ayam Rudi sekarang?
Caranya kita susun dulu bilangan
Perhatikan baik-baik
|
2. Kurangkan angka puluhan 7 – 5 = 2
3. Kurangkan angka ratusan 2 – 1 = 1
Hasilnya 126 ayam
Jadi ayam rudi
sekarang 126
Selesaikanlah
pengurangan ini!
1.
Neni mempunyai 125 katak
dan mati 10 katak. Berapakah jumlah katak Ani sekarang?
2.
Andi mempunyai 136 burung dan
mati 22 burung. Berapakah jumlah burung Andi sekarang?
3.
Pak Rifki mempunyai 378
sapi dan kemudian mati 53 sapi. Berapakah sapi pak Rifky sekarang?
Jawaban :
- 125 2. 136 3. 378
10 - 22 - 53-
115 114 325
VI.
Metode Pembelajaran
·
Ceramah bervariasi
·
Diskusi
·
Tanya jawab
·
Pemberian tugas
·
Demonstrasi
·
Model talking stick
VII.
Kegiatan Pembelajaran
A. Kegiatan
Awal ( 15 menit )
o
Guru mengucapkan salam
o
Guru mengajak siswa untuk berdoa
o
Guru mempresensi kehadiran siswa
o
Guru mengecek kebersihan kelas
v Apersepsi:
o
Guru melakukan tanya jawab yang
berhubungan dengan materi, contohnya “ Apakah kalian pernah ke kebun binatang?”
v Motivasi
o
Memberi motivasi untuk menjaga
kelestarian hewan-hewan yang ada di sekitar.
o
Guru menyampaikan KD, Indikator serta tujuan pembelajaran.
B. Kegiatan
Inti ( 40 menit )
v Eksplorasi
( 20 menit )
o
Guru menggali pengalaman siswa dengan
mengajukan pertanyaan yang sesuai dengan materi sebagai pengantar ke materi
yang akan dipelajari.”Siapa yang tahu apa saja bagian-bagian tubuh hewan?
o
Siswa mendengarkan penjelasan guru
o
Setelah mendengar penjelasan, guru memberikan
pertanyaan lagi terhadap siswa. Guru
menyediakan gambar, nama dan fungsi bagian tubuh hewan kemudian siswa
menjawabnya dengan memasangkan gambar,
nama dan fungsi bagian tubuh hewan yang sesuai itu di papan yang sudah
disediakan.
o
Kemudian siswa mendengarkan soal cerita
dari guru tentang penjumlahan dan pengurangan.
o
Siswa mencoba menyelesaikan soal yang
diberikan dengan papan pintar.
o
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
Misalkan dalam 1 kelas ada 16 anak, maka siswa dibagi menjadi 4 kelompok dengan
masing-masing 4 anggota.
v Elaborasi
( 15 menit )
o
Setelah terbentuk kelompok,siswa
menerima tugas yang akan didiskusikan.
o
Kemudian siswa mendengarkan petunjuk berdiskusi yang
disampaikan guru.
o
Siswa mendiskusikan tugas kelompok yaitu
menyusun puzzle selama 2 menit dan guru membimbing jalannya diskusi.
o
Setelah selesai diskusi,Salah satu siswa
mewakili kelompoknya untuk menunjukkan hasil diskusi di depan kelas dan
dipasang di papan yang telah disediakan.
v Konfirmasi
( 5 menit )
o
Guru melakukan penguatan terhadap
diskusi siswa.
o
Guru memberikan reward terhadap prestasi
siswa.
C. Kegiatan
Akhir ( 15 menit )
o
Guru dan siswa menyimpulkan materi yang
dipelajari
o
Siswa mengerjakan soal evaluasi
o
Siswa mengoreksi hasil pekerjaannya
dengan saling bertukar jawaban dengan temannya.
o
Guru meminta siswa untuk mempelajari
materi selanjutnya
o
Guru memberi pesan dan motivasi lalu
berdoa
o
Guru mengucapkan salam
VIII. Sumber
·
Andri, dkk. 2010. Buku Tematik Pengalaman 2C untuk SD/MI Kelas 2 Semester 1. Jakarta
: PT Grasindo.
IX.
Alat
·
Media PAPI dengan gambar hewan dan bagian-bagian tubuh
hewan
·
Fotocopy tugas kelompok
·
Puzzle
X.
Penilaian
No.
|
KD
|
Indikstor
|
Teknik
|
Instrumen
|
1.
|
IPA
3.1 Mengenal
bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui
pengamatan
Matematika
1.4 Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500
|
IPA
1.
Menyebutkan bagian-bagian utama
tubuh hewan
2. Menunjukkan
bagian – bagian utama tubuh hewan
3. Menjelaskan
fungsi bagian-bagian utama tubuh hewan
Matematika
1.Melakukan penjumlahan tanpa menyimpan
2.Melakukan pengurangan tanpa meminjam
|
Tes Tertulis
Tes tertulis
|
A. Islah
titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar !
![]()
Gambar di samping adalah gambar... dan berfungsi
untuk ....
Ayorangkai bagian-bagian tubuh hewan
ini menjadi tubuh yang utuh!
B. Isilah titik-titik
di bawah ini !
1. 134
25 +
2.
247
13 –
....
|

B. Isilah
titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar !
1.
![]() |
||||||||||
|
||||||||||
![]() |
||||||||||
![]() |
||||||||||
|
![]() |
|||||||||
![]() |
||||||||||
![]() |
||||||||||
2.
3.
4.
5.
C.
Isilah
titik-titik di bawah ini!
1.
134 2.
247 3. 375 4. 568 5. 451
25 + 13 - 12 + 52 -
47 +
...
... .... .... ....
![]() |
Ayo rangkai bagian-bagian tubuh hewan
ini menjadi tubuh yang utuh
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|

Kunci Jawaban
A.
1. Kaki
untuk berjalan
2. Mata
untuk melihat
3. Telinga
untuk mendengar
4. Sayap
untuk terbang
5. Perut
untuk mencerna makanan
- 134 247 375 568 451
25 + 13 -
12 +
52- 47 +
159 134 387 516 498
Jawaban
Diskusi
6
– 1 – 12 – 3
9
– 2 – 4 – 8
5
– 11 – 7 – 10
KRITERIA
PENILAIAN
1.
Kognitif
Nilai
: ( Jumlah benar A + Jumlah benar B ) x 10
2.
Psikomotorik
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Kesesuaian
|
·
Benar 9 – 12
·
Benar 5 – 8
·
Benar 1 - 4
|
3
2
1
|
2
|
Kecepatan
|
·
Kurang dari 3 menit
·
Tepat 3 menit
·
Lebih dari 3 menit
|
3
2
1
|
Nilai
Psikomotorik = (jumlah skor maksimal x 10)+ 40
3.
Afektif
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Kerjasama
|
·
Pembagian Kerja yang adil
·
Pembagian kerja tidak berjalan
·
Tidak ada pembagian kerja
|
3
2
1
|
2
|
Keaktifan
|
·
Menjawab atau menyampaikan
3/lebih pertanyaan
·
Menjawab atau menyampaikan 2 pertanyaan
·
Menjawab atau menyampaikan 1 pertanyaan
|
3
2
1
|
Nilai afektif =
(Jumlah skor maksimal x 10)+ 40
Lembar Penilaian
No.
|
Nama
|
Aspek
|
Skor
|
Nilai
|
||
Kognitif
|
Psikomotorik
|
Afektif
|
||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
Nilai = Total skor : 3
Semarang, 27 Maret 2012
Mengetahui,
Dosen pengampu Praktikan
Fine Reffiane, M.Pd Ismawati
Tidak ada komentar:
Posting Komentar